welcome ====== selamat datang ====== wilujeng sumping ===== welkom ===== Bienvenue

06 Februari 2011

Alat Pemanas di Laboratorium

pemanas merupakan alat yang hampir sering dijumpai di Laboratorium terutama di laboratorium kimia. Karena alat pemanas ini tidak lepas dari prinsip percepatan reaksi dengan adanya pemanasan.

Media pemanas konvensional yaitu dengan menggunakan api, namun biasanya cara ini tidak boleh digunakan untuk memanaskan bahan kimia yang mudah terbakar karena api dapat menyambar larutan yang sedang dipanaskan. baca selanjutnya tentang pemanasan dengan api >>>

stirrer + heater


berbagai macam pengaduk magnet
Selain menggunakan api,alat pemanas lainnya yaitu
dengan elemen pemanas. alat ini biasa disebut hotplate . di bagian bawah alat ini terpasang elemen pemanas dengan menggunakan tenaga listrik dan dapat dipanaskan hingga suhu 500OC. Prinsipnya sama dengan setrika listrik di rumah. Alat ini dapat digunakan untuk menguapkan larutan hasil ekstraksi seperi eter atau pelarut organik lainnya (dan dilakukan di ruang asam). Alat ini juga biasa dikombinasikan dengan magnetic stirrer untuk menghomogenkan larutan. ada berbagai macam bentuk batang pengaduk (spinner) yang dapat digunakan, namun biasanya berbentuk batang dengan ujung membulat dan dilapisi teflon yang bersifat inert.


pengaduk ultrasonic + heater
 Selain itu, untuk pemanasan suhu rendah biasanya digunakan penangas air atau waterbath agar suhu terjaga dibawah titik didih air.contohnya seperti gambar di samping, alat ini selain berfungsi sebagai penangas air, juga berfungsi sebagai penggetar untrasonic (sonicator). 

penangas air
Ada satu lagi penangas air yang biasa digunakan, yaitu pemanas yang menggunakan uap air yang dipanaskan seperti gambar.


Silakan tinggalkan komentar bila kurang jelas

1 komentar:

Asa mengatakan...

mksh gmbrnx pake krja tgs