welcome ====== selamat datang ====== wilujeng sumping ===== welkom ===== Bienvenue

06 Februari 2011

Bunsen, meker, teklu

Pemanasan dengan menggunakan api dilakukan bila bahan kimia atau sampel yang digunakan tidak bersifat mudah menguap dan terbakar. Pemanasan dengan cara ini lazim digunakan untuk analisa logam seperti kegiatan destruksi dan teknik pemanasan dalam analisis gravimetri (sudah jarang digunakan).
secara umum ada dua macam pemanas yang digunakan yaitu bunsen/ teklu, dan meker. Pemanasan seperti ini membutuhkan penyangga kaki tiga dan kasa asbes untuk mertakan pemanasan. Pemanasan dengan teklu akan didapat suhu s/d 450C aplikasinya yaitu digunakan untuk memanaskan cawan, memanaskan larutan hingga mendidihkan larutan, sedangkan dengan menggunakan meker suhu bisa didapat sampai 1200C, aplikasinya adalah mengabukan zat-zat organik dengan cawan porselen.
bunsen atau teklu
meker
kasa asbes

 dewasa ini teknik pengabuan telah digantikan dengan tanur / furnace yang bentuknya mirip dengan oven namun dengan suhu yang lebih tinggi. Fungsinya sama dengan meker namun alat ini mempunyai kelebihan dapat menampung lebih banyak cawan porselen secara bersamaan.
tanur atau furnace

Tidak ada komentar: